Pages

Monday, July 8, 2013

Taiwan Exchange Experience




Hi semuanyaa.. apa kabar kaliannya? ^^ Rasanya udah seabad nih akunya gak bikin postingan hehehe.. postingan kali ini juga akan menjadi postingan pertama di bulan Juli yeayy! Pertama-tama, akunya maunya mengucapkan terima kasih kepada LeBuy karena telah memberikan kepada kesempatan kepada akunya untuk berpartisipasi dalam acara Giveawaynya dan juara pertama lagi kyaaa kyaaa gak nyangka sekali! Makasih LeBuy! ^^

Nah, di postingan kali ini si akunya mau bercerita tentang pengalaman si akunya waktu pertama kali ke Taiwan. Jadi waktu semester terakhir di kampus, akunya nih ikutan program internship semacam acara magang yang diadakan oleh organisasi AIESEC di kampus. Program magang ini dikhususkan untuk para mahasiswa yang mau exchange ke negara-negara luar yang ada dalam list AIESEC. Akunya nih ikutan dan mendapatkan Negara Taiwan sebagai negara tujuan ^^

Job desc aku waktu itu adalah sebagai English Teacher yang akan mengajar pelajaran Bahasa Inggris di salah satu Sekolah Dasar yang terletak di Kota Taipei selama 2 bulan. 

Pada tanggal 28 Februari 2011 aku tiba pertama kali di Kota Taipei dan saat itu sedang winter, di sana akunya juga tinggal homestay dengan orang lokal. Jadi untuk program ini, akunya hanya keluar biaya tiket pesawat saja, sisanya seperti tempat tinggal dan  makan itu semua sudah diatur oleh panitia AIESEC yang berada di Taiwan.

Hari pertama, akunya nih disambut banget sampe ada upaca penyambutan, pemberian karangan bunga dari kepala sekolah yang dihadiri oleh seluruh pelajar di sekolah itu ^^ Udah gitu mereka juga mempersiapkan acara sambutan seperti tarian dan yell-yell ^^ Wahh si akunya nih langsung berasa jadi kaya atlet yang baru aja mengharumkan nama bangsa hakhakhak..

Beginilah kira-kira suasana sekolah dan kegiatan yang aku lakukan selama di sana..

 Kuo Kuang Elementary School (KKES), besar banget yaa padahal ini cuma SD aja lhoo

Ini dia murid-muridnya, akunya ngajar Bahasa Inggris kelas 3,4,5 namun atas permintaan orang tua murid anak-anak mereka yang masih kelas 1 dan 2 SD juga ingin diajar sama aku ^^ aku tuh di sana bener-bener berasa kayak artis huahahaa diperebutkan sana sini sampe jadwal ngajarnya udah kaya full timer aja dari jam 08.00-16.00 soalnya SD ini tuh antusias banget dengan kehadiran aku ditambah memang orang Taiwan itu senang banget dengan kehadiran orang luar, gak peduli dari negara manapun itu.


Beginilah kira-kira suasana aku ketika sedang mengajar hehehe, pasti kalian mau bilang deh anak SD kok ngajar anak SD hahaha! Abis akunya juga sadar kok badan yang mungil ini sering membuat aku jadi bahan bully-an bahkan dibully sama anak kecil --"

Waktunya tidur siang ^^

Di sana, ternyata akunya menemukan beberapa kebiasaan lucu yang dimiliki oleh orang-orang Taiwan lho, contohnya mereka setiap abis jam makan siang ada waktu tidur siang sekitar 2 jam, jadi setelah makan siang, mereka harus gosok gigi dan pas waktu tidur siang lampu kelas dimatiin dan semua siswa harus bobok ^^ kalau engga, bisa diomelin sama gurunya dan ada siswa piket yang keliling untuk mengawasi anak-anak tidur siang, lucuuu yaaaa..

Selain itu, akunya juga melihat ada kebiasaan baik yang perlu ditiru nih sama Indonesia, di sana itu tidak ada OB alias Office Boy! Jadi siapakah yang akan membersihkan sekolah? Nyapu? Ngepel? Jawabannya adalah siswa-siswanya sendiri! Jadi bagi mereka yang piket, mereka harus datang 1 jam lebih awal pagi-pagi untuk piket, seperti nyapu halaman sekolah, cabutin rumput, bersihin sampah, lap kaca, bersihin kelas dll. Wow keren banget yaa! Gak hanya di situ, tiap pulang sekolah pun mereka masih harus piket sapu lantai, pel lantai dan sikat kamar mandi! Mereka lakukan itu dengan senang hati dan sudah jadi kebiasaan buat mereka ^^ patut dicontoh ya membiasakan anak-anak mandiri sejak kecil.

Ok, lanjut..

Selama mengajar di sana si akunya ni full menggunakan Bahasa Inggris karena saat itu akunya sama sekali tidak bisa berbahasa Mandarin, jadi di setiap kelas selalu ada guru walinya yang akan menjadi translator ke murid-muridnya kalau mereka gak ngerti hehehe.


Di sana kegiatan yang kita lakukan tuh menyenangkan dan mudah kok, seperti tebak gambar dimana mereka harus mencoba menjelaskan tokoh kartun tersebut menggunakan Bahasa Inggris. Sisanya, kita bisa belajar lagu-lagu berbahasa Inggris, menggambar, dan tidak lupa juga memperkenalkan kebudayaan Indonesia ^^ Mereka excited banget dan bahkan minta diajarkan lagu berbahasa Indonesia, jadinya waktu itu akunya ajarin mereka nyanyi BALONKU hahaha! Lucu banget mereka dengan susah payah melafalkan kata-kata dalam Bahasa Indonesia dengan aksen yang aneh, so cute!

  Ayo perhatikan papan tulis belakang itu bekas akunya ngajarin mereka nyanyi balonku hakhakhak ^^

Bersiap-siap untuk bermain games, di sana kita sering juga bermain games yang seru-seru

Yukk mulai berhitung bagi kelompok 1.. 2.. 3.. ^^



Nah kalau ini adalah Jeremy salah satu murid yang sangat spesiaal pake telor deh hahaha. Kenapa? Karena dia adalah salah satu fans berat si akunya huahaha di hari pertama ajah dia langsung nyamperin aku dan bilang 'Would you like to go on a date with me?' HAHAHA! Tuh kan bener dugaan akunya, pasti banget deh nih disangka seumuran karena tubuh yang mungil ini. Bahkan Jeremy ini juga mengundang aku untuk makan malam di rumahnya, dia bilang dia mau perkenalkan aku sama orang tuanya HAHAHA! Ini anak super lucuu, berani, kreatif, suka kasih aku hadiah, kue-kue dan bahkan dia bentuk group boyband yang terdiri dari anak-anak cowok di kelasnya untuk siapin dance 'Nobody Nobody' Wonder Girls buat aku hahaha.


Pelajaran olahraga ^^


Hari perayaan ulang tahun sekolah


Ada bazaar makanan asikk hihihi

Persembahan dance dari anak-anak kelas 1


Sama-sama lucu kan hakhakhak ^^ piss dulu ahh


Terus nih teman-temin, selain mengajar di sekolah ini si akunya juga dapet panggilan untuk mengisi pelajaran di sekolah-sekolah lain, semua ini jadwalnya diatur oleh panitia AIESEC jadi ya kita ikut ajah hehehe.. berikut ada foto bersama para siswa dari sekolah lain..

Menjalani hari-hari di sana, si akunya gak hanya melakukan kegiatan rutin di sekolah, tapi akunya nih sering banget diajak jalan-jalan sama guru-guru di sekolah, makan-makan, karaoke dan hal-hal menyenangkan lainnya hihihi.


Lunch bersama teacher Betty, Peiling dan Eiling, rata-rata guru Inggris di sana masih muda-muda lho

 Perjalanan di kereta bersama Alice, salah satu guru Inggris yang juga mengajar di sana (yang paling depan)

OK

Tanpa terasa nih teman-temin, 2 bulan berlalu dengan sangat cepatnya, sampe aku ajah gak sadar sudah sampai di hari terakhir ini dan di hari terakhir ini akunya dibuatkan surprise dari sekolah yang gak bakal terlupakan banget. Jadi, 2 jam terakhir itu dibuat untuk acara perpisahan dengan si akunya. Dimana di hari terakhir ini murid-murid minta aku main tebak gambar untuk yang terakhir kalinya bersama mereka aaah sedihhhh.. T.T

Guessing game for the last time T.T

Kemudian yang bikin haru adalah ternyata mereka di minggu terakhir menyiapkan rekaman video perpisahan yang so sweet banget, di dalam video itu mereka bikin ucapan terima kasih dan kata-kata singkat dalam Bahasa Indonesia! Wah, si akunya nih sampe nangis terharu biru, karena merasa dicintai banget dan dikasihi sama keluarga sekolah ini huhuhu T.T



Akunya lagi nonton video persembahan dari murid-murid


You are beautiful, kamu sangat cantik
Sepanjang video ini aku tuh nangis tak henti-henti karena terharu T.T


Tuh kan akunya jadi sedihhh 


Dapet penghargaan dan karangan bunga dari kepala sekolah ^^


Penghargaan untuk Homestay aku yang telah menampung aku di rumahnya selama ini. Homestay nya itu yang pake rompi dan baju pink, nah mereka ini juga adalah guru di sekolah ini

Karena ini adalah hari terakhir, tentunya si akunya ini dihujani hadiah kenang-kenangan dari para murid dan jangan lupa juga mereka berebutan mau foto ma akunya, tuh kan jadi berasa artis lagi huahahaha. Berikut foto-foto hadiah serta kartu kenang-kenangan dari para murid..


Gitfs from my students


Aku mencitaimu juga ^^






Flight ticket from Jeremy, my favorite student ^^


Demikianlah teman-temin sekelumit cerita dan pengalaman si akunya waktu pertama kali datang ke Taiwan. Sebenernya ceritanya panjang banget yaah, tapi berhubung udah lewat jadi kita bikin sekaligus dalam satu postingan saja hehehe. Kemudian tak lupa juga akunya ucapkan terima kasih kepada keluarga homestay yang udah menjadi seperti keluarga sendiri buat aku. 

Bersama keluarga besar homestay 

Pengalaman exchange magang di Taiwan ini bener-bener jadi pengalaman berharga yang gak terlupakan banget buat aku dan pengalaman di sinilah yang akhirnya membuat aku jatuh cinta dengan Taiwan. Akunya pun balik ke Indonesia hanya untuk tukar visa turis menjadi visa pelajar ^^ karena akhirnya aku memutuskan kembali ke Taiwan melanjutkan sekolah bahasa di sana selama 2 tahun. Bagaimanakah petualangan selanjutanya? Tunggu postingan berikutnyaa yaaaa ... ^^

Fin..

24 comments:

  1. aihh so sweet ihhhh~~~ akunyah juga jadi terharu bacanya....

    si jeremy lucu yah cha.. calon jadi playboy siah ini mah.. hahahahaha

    gila udah mu dikenalin aja ma ortunya donk... BUJET! kebanyakan nonton film meteor garden.. LOL

    Nice story By the way!
    keep writing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyahh siahh si Jeremy kek calon playboy huahahah udah gitu dia teh so swit daa anaknya teh suka kasih surprise, mukanya gek cakep da :p tunggu cicik 10th lagi ya dek hakhakhak..

      Namun mudah2an gedenya ga jadi Jeremy Tety yahh.. huahahahahha kalo engga nanti sodaraa sodaraa harus berhati2 memilih BBM huahahahahha ^^

      Delete
    2. wakakakakakakak emberan cyn...

      sodarahhh~~~ sodarah~~~ berrrrhati-hatilah memilih BBM....

      wakakakakakaka

      Delete
    3. TK ma Kalista cocok loh...hahaha emak - emak rempong

      salam mampir kalista......Aku fans baru kamu yah..salut,seneng dan bangga plus iri ( dikit ) kalau lihat cewek smart kaya kamunya gitu ...
      sukses sll yah GB... Mampir ke rumah b;logku kalau sempet :)

      kerryanik.blogspot.com

      Delete
    4. Hi Kak Kerry Anik ^^ makasih yah dah mampir n drop komen di blog akunya..

      Emang dari dulu kok kak akunya ma si Tom sering disangka couple hihihi..

      Ok pasti mampir di blog kakak ^^

      Sukses juga yaa
      Gbu

      Delete
  2. Hahaha .. Kamunya emang kecil banget yah .. Masak sama anak SD tingginya sama (disalah satu fotonya) ..

    BTW perpisahan itu selalu sedih ya ..

    Ditunggu cerita2 lainnya ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak sekecil itu tauk EHS ! Huahahaha itu mah dia ajah yg bdannya giant diantara anak2 laen dia besar sendirii, sisanya kecil2 kok bisa dipitess.. huahahah ^^

      Makasih yaa dah mampir.. ditunggu ya postingan selanjutnya ^^

      Delete
  3. Kalo si Jeremy tu udah mahasiswa mungkin bisa tu dipertimbangkan buat di jadiin BF tapi masih anak SD, asli sekali calon playboynya, haa pasti rasanya sweet, romantis2 gitu ya Cha?
    ikut terharu juga bacanya, part perpisahan gitu,.
    paling lucu itu ada waktu tidurnya disekolah, mereka emang giat skali ya belajarnya, pantesan banyak orang Taiwan yang sukses, dan pintar.

    buat perjalanan menuntut ilmu kedepan sukses ya, kalo bisa ajarin kita kitanya juga bahasa Mandarin, sikit sikit lah.. hehee
    have a nice day Miss Kalista.

    ReplyDelete
  4. Hi Susan ^^ wakakakaak si Jeremy memang kocak banget anaknya .. kalau dah gede pasti banyak yg demen da ma dia Huahahaha..

    Iyah mereka rajin banget sekolahnya, udah gitu baru bener2 bubar sekolah itu jam 5 sore dan mrk masih harus les lagi rata2 sampe jam 8 malam deh baru mereka pulang ke rumah.. wahh beda bgt yah dengan kita yg santai sekolahnya di sini ^^

    Aminn makasih ya doanyaa ^^ ide yg bagus belajar mandarin bersama hihihi..

    Thanks Susan :)

    ReplyDelete
  5. huahuahuahhuauha....
    akunya juga jadi haru-biru dehh liat anak-anak itu bikin surprise gituu
    unyuukk bangett T____T
    jeremy minta di bungkus yah? bungkus!! hahahha, kalo udah 20 taun sini ma ciecie.. *adeeuuuhh ma brondong* hahhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah unyuk pisan yahh anak2 di sana tehh so sweet pisan hihihi..

      Jeremy ati2 yahh sama tante yang satu ini berbisaa nanti kamu dicuwikkkk sama tante nana.. huakakakakak.. tante nana doyannya ama berondong2 unyuk soalnya huahahahaahauuhaha ;p

      Delete
  6. wiiiih, seru banget ya pasti....

    mana sekolahnya kayak kampus begitu. hehehe
    Eh di sana ada waktu tidur siangnya juga ya? Lucu ya...

    Pengalaman yang tak terlupakan pastinya. Makasih sudah dishared.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih juga Vera dah baca postingan akunya ^^ bener banget itu pengalaman berharga banget..

      Iya bobok siang time.. kalau di sini adaa kayanya anak2nya bakal tidur terus kerjaannya ga mau lanjut belajar lagi hakhakhak ;p

      Delete
  7. itu sekolah SDnya gede benar, kayak universitas aja... hihihi ^_^
    mana ada jam bobo siangnya, damailah kalau sekolah SD di situ... :P

    eh, itu tiket pesawatnya the one and only, TOP BGT!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah sekolahnya memang gede banget padahal cuma SD doang hehhehe..
      Enak banget yah ada bobo siang time.. di kantor2 juga ada kebiasaan itu lho (beneran) hehehe..

      Iyah aku cm keluar untuk tiket pesawat, bahkan ada program2 intership yg kitanya magang trs dibayar lagi hehehee ^^

      Boleh dicoba ^^

      Delete
    2. hem, baru tahu kalau di kantor mereka juga ada jam bobo siangnya
      berarti bosnya juga mementingkan para pekerjanya dong ya... hihihi

      Delete
  8. saluut deh buatmu itu pglmn yg sangat2 berharga, meski ak sempet bingung juga mana guru mana muridnya hehehehe
    btw moga sukses dgn sklh bahasanya di taiwan :D eh salam kenal sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rata2 memang agak bingung yah untuk membedakan mana murid mana guru hakhakhak ^^

      Salam kenal juga yah Aulawi ^^ makasih dah mampir ke blog aku..

      Sukses selalu..

      Delete
  9. wah ajib banget foto2nya pake kamera apa yaa??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua jepretan ini menggunakan kamera poket Canon S95 :)

      Delete
  10. Halo Kalista!! Salam kenal =) Asik sekali ya ngajar di Taiwan, terus lanjut sekolah lagi, sekarang udah fasih berbahasa mandarin dong kamu nya? =D =D Nice blog!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Vanesa ^^ salam kenal juga yah..

      Dua tahun sekolah bahasa lumayan deh menambah ilmu dan kemampuan berbahasa mandarin hehehe.. tertarik juga? ^^

      Makasih yaa kamunya udah mampir di blog aku hihihi.. :)

      Delete
  11. hai kalista aku boleh minta email ga ? rencananya aku mau ikut exchange ke Taiwan dari Aiesec nih tapi yang social project. terimakasihh :)

    ReplyDelete
  12. akunyah.. info nya dong gmn caranya dapet magang di Taiwan.. (^_^) aku juga mw.. hehe soalnya dulu pernah jadi exchange student disana juga 6bulan

    ReplyDelete